Cara Mengatasi Infrared CCTV Tidak Menyala

Cara Mengatasi Infrared CCTV Tidak Menyala Dan Penyebabnya

Diposting pada

Tahukan Anda bagaimana cara mengatasi infrared CCTV tidak menyala ? CCTV merupakan salah satu perangkat elektronik yang berfungsi sebagai keamanan. Dalam perangkat ini, terdapat beberapa komponen penting, salah satunya infrared atau inframerah. Infrared ini berfungsi untuk membantu kamera CCTV dalam menangkap gambar pada malam hari atau kondisi yang kurang pencahayaan. Jika infrared ini tidak menyala, otomatis akan membuat hasil rekaman pada malam hari tidak maksimal.

Masalah ini seringkali menjadi hambatan bagi pengguna CCTV. Khususnya bagi mereka yang memang sama sekali tidak mengetahui seluk-beluk CCTV. Fungsi lampu merah pada CCTV yang begitu penting membuat penggunanya harus memastikan komponen ini berfungsi dengan baik. Komponen ini tidak menyala bisa disebabkan oleh berbagai hal.

Cara Mengatasi Infrared CCTV Tidak Menyala

Fungsi Infrared Pada CCTV

Infrared CCTV berfungsi untuk membantu kamera dalam merekam ruangan atau area yang gelap. Keberadaan infrared ini akan menghasilkan rekaman yang lebih terang meskipun dalam kondisi gelap.

Jenis CCTV ini banyak digunakan untuk pergudangan, jalan raya atau yang lainnya.

Umumnya, CCTV infrared hanya dapat merekam dengan jelas dengan jarak mencapai 30 meter saja.

Sedangkan untuk lebih jauh bisa menggunakan kamera CCTV inreared LED 4 mata yang bisa merekam hingga 40 meter.

Penyebab Infrared CCTV Tidak Menyala

Sebelum mencoba untuk memperbaiki, ada baiknya mengetahui apa penyebab infrared CCTV tidak menyala. Sehingga bisa menyimpulkan langkah apa yang harus Anda lakukan. Cara ini juga bisa dilakukan jika infrared pada CCTV terus menyala meski dalam keadaan terang.

IR Cut Filter Macet

IR Cut Filter

Masalah ini terjadi saat IR Cut Filter berada dalam posisi menutup lubang lensa. Akibatnya membuat gambar menjadi hitam putih. Secara umum, fungsi sebenarnya dari IR Cut Filter ini hanya untuk menutup bagian triger dari sensor intensitas cahaya saja.

Masalah ini bisa muncul karena magnet penggerak IR Cut Filter yang tidak berfungsi dengan baik. Kemudian plastik filter film negatif yang tidak rata, yang berakibat menyangkut pada celah rel IR Cut.

Sensor Intensitas Cahaya

Infrared CCTV tidak menyala bisa juga disebabkan oleh sensor intensitas cahaya yang mati. Sensor ini memiliki fungsi yang penting, yakni untuk mendeteksi bahwa kondisi area yang terpantau kamera sudah gelap.

Jika sensornya mati, maka CCTV tidak bisa mendeteksi lagi pencahayaan sekitar.

Untuk mengetahui sensor rusak atau tidak, bisa dengan mengecek apakah infrared tetap menyala dalam keadaan terang atau tidak.

IR Night Mode Rusak

Selain itu, infrared tidak menyala bisa juga karena komponen IR Night Mode yang mengalami kerusakan. Komponen ini berperan penting dalam mendukung fitur infrared, sehingga jika kondisinya rusak dapat menyebabkan infrared tidak menyala.

Cara Mengatasi Infrared yang Tidak Menyala Dengan Mudah

Solusi untuk mengatasi infrared CCTV tidak menyala bisa dengan beberapa metode ini.

Cek Sensor Intensitas Cahaya

Cara ini bisa Anda lakukan pertama kali, coba untuk mengecek bagian sensor intensitas cahaya. Ada kemungkinan resistor cahaya tetap bekerja dan memberikan trigger sehingga menganggap kondisi sekitar tidak memiliki cahaya. Anda hanya perlu melakukan pembersihan pada bagian tersebut karena biasanya ada debu yang menganggu. Lakukan dengan perlahan agar tidak merusak komponen.

Ganti IR Cut Filter

Sebelumnya, Anda bisa mengecek terlebih dahulu komponen IR Cut Filter. Jika memang tidak berfungsi lagi, Anda bisa langsung menggantinya dengan yang baru. Jika ingin memperbaikinya sendiri, penting memang untuk mengetahui komponen dari setiap bagian CCTV. Karena itu akan membantu dalam menyimpulkan kerusakan yang menyebabkan infrared CCTV tidak menyala.

Ganti Docking Lensa Kamera

Docking Lensa Kamera merupakan bagian yang menyatu dengan IR Cut Filter. Terdapat juga komponen magnet penggerak pada bagian tersebut. Jika infrared CCTV Anda tidak menyala, ada baiknya untuk mengganti bagian ini dengan komponen yang baru.

Cara Mengatur Infrared CCTV

Infrared pada CCTV ternyata bisa diatur apakah mau tetap aktif atau tidak. Jika tidak diaktifkan, maka hasil rekaman akan tetap berwarna. Untuk menonaktifkan infrared, bisa dilakukan dengan mudah. Langkah-langkahnya disesuaikan dengan seri DVR yang dipakai.

  1. Masuk ke sistem DVR menggunakan username dan password.
  2. Kemudian pilih kamera yang ingin Anda matikan infrarednya. Lalu klik kanan dan pilih Control Coaxial.
  3. Setelah itu pilih tombol tengah keypad, dan geser agar menu terlihat.
  4. Kembali ke tombol navigasi dan pilih DAY – NIGHT lalu klik tengah kembali.
  5. Jika sudah, ubah mode EXT menjadi Color dengan cara mengklik kanan atau kiri.
  6. Arahkan dengan navigasi ke return dan klik tombol bawah lalu tengah kemudian save dan exit.

Demikian informasi mengenai cara mengatasi infrared CCTV tidak menyala dan penyebabnya. Selain informasi ini, penting untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan kamera CCTV infrared sebelum menggunakan.

Tinggalkan Balasan

Pilih Rating*

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.