Apakah CCTV Harus Menggunakan WiFi Atau Internet

Apakah CCTV Harus Menggunakan WiFi Atau Internet ?

Diposting pada

Banyak orang yang bertanya, apakah CCTV harus menggunakan wifi atau internet ? Saat ini memang ada banyak jenis kamera CCTV, tak heran jika orang sering bingung ketika memilihnya.

CCTV tanpa internet atau WiFi memang memiliki banyak kelebihan, selain itu juga mudah dalam pemasangannya. Biasanya, jenis CCTV ditempatkan di beberapa bagunan seperti gudang, kantor, pabrik, rumah atau yang lainnya.

Biaya pemasangannya juga jauh lebih murah, karena tidak memerlukan instalasi kabel. Anda tidak akan terbebani dengan biaya untuk membeli kabel yang biasanya terlalu besar.

Apalagi jika CCTV ini sebatas untuk memantau rumah, atau gudang uang tidak terlalu luas. Anda bisa menggunakan CCTV mini tanpa kabel yang lebih efektif.

cctv yang tidak membutuhkan wifi

Apakah CCTV Harus Menggunakan WiFi Atau Internet ?

Pada dasarnya, CCTV ada yang membutuhkan internet atau WiFi dan ada yang tidak membutuhkan. Untuk CCTV yang bisa dipantau lewat HP jarak jauh membutuhkan koneksi internet seperti smartcam atau baby cam.

Setiap merk CCTV memiliki aplikasi tersendiri, Anda bisa menginstalnya di HP Android maupun iOS. Anda bisa memantau keadaan lokasi secara jarak jauh melalui HP tersebut.

Nah ada juga CCTV yang tidak membutuhkan koneksi internet. CCTV ini akan bekerja selama 24 jam dan terus merekam, hasil rekamannya kemudian tersimpan di DVR CCTV.

Anda bisa melihat rekaman CCTV setelah beberapa saat. Jenis CCTV ini tidak membutuhkan internet, namun untuk mengaksesnya harus mengakses DVRnya terlebih dahulu.

Jika tidak memiliki koneksi internet, Anda bisa menggunakan CCTV yang tidak menggunakan wifi. Banyak merk yang tersedia, Anda bisa membelinya secara online maupun di toko terdekat.

Perbedaan CCTV Tanpa Wifi Dan Menggunakan Wifi

Jika Anda masih bingung dalam menentukan CCTV yang akan Anda beli, perbandingan ini akan membantu Anda.

Baca Juga :  5 Jasa Pasang CCTV Di Cilacap Terbaik Untuk Rumah Atau Kantor

CCTV Dengan Wifi

  • Anda bisa mengaksesnya secara jarak jauh, lokal dan langsung.
  • Terdapat sistem notifikasi jika terjadi hal tertentu.
  • Adanya fitur pencadangan video.

CCTV Tanpa Wifi

  • Anda dapat memantau rekaman setiap saat melalui monitor yang terhubung ke DVR.
  • Rekaman akan tersimpan ke harddisk DVR atau micro SD.
  • Tidak tersedia sistem notifikasi.

Pilih CCTV Tanpa Wifi Atau CCTV Menggunakan WiFi ?

Ini adalah pertanyaan umum ketika memutuskan untuk memasang kamera CCTV untuk pertama kalinya. Saat ini, penyedia Wi-Fi di Indonesia sering mengalami masalah yang memengaruhi CCTV yang terhubung ke Internet.

Sebagai pemilik bisnis, Anda tidak ingin hal ini terjadi jika keamanan perusahaan Anda terganggu. Jadi pabrik, kantor, rumah sakit, akan lebih baik jika semua menggunakan kamera CCTV tanpa internet.

Untuk CCTV menggunakan Wifi bisa Anda gunakan untuk memantau kondisi rumah. Misalnya ketika Anda pergi ke luar kota, dan ingin memantau aktivitas anak, bisa menggunakan CCTV yang menggunakan internet.

Demikian informasi mengenai apakah CCTV harus menggunakan WiFi atau Internet. Pada dasarnya, itu tergantung jenis CCTV yang Anda gunakan. Sesuaikan dengan kebutuhan ketika membeli, agar nantinya mudah dalam pemasangan CCTVnya.

Gambar Gravatar
Fayid Alam Syah merupakan seorang pegiat elektronik yang mempelajari terkait masalah-masalah CCTV, AC, Kulkas, Mesin Cuci dan lainnya.

Tinggalkan Balasan

Pilih Rating*

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.