cara mengatasi cctv berbunyi beep terus menerus

Cara Mengatasi CCTV Berbunyi Beep Terus Menerus

Diposting pada

Cara Mengatasi CCTV Berbunyi Beep Terus Menerus – Kenapa cctv berbunyi ? Masalah ini biasanya disebabkan oleh harddisk DVR yang rusak, settingan alarm hingga slot BNC yang rusak. Anda bisa menyelesaikan masalah ini sendiri tanpa bantuan teknisi.

Jika Anda belum mengalami masalah ini, mungkin akan merasa bingung ketika mendengar suara dari CCTV. Tapi tidak perlu khawatir, itu bukan karena adanya konsleting listrik yang membahayakan.

Lalu kenapa cctv bunyi tek tek atau beep ? Pada dasarnya, bunyi tersebut berasal dari alarm yang ada di DVR. Bunyi tersebut menandakan adanya masalah di CCTV Anda sehingga muncul bunyi tersebut.

cctv berbunyi tek tek

Cara Mengatasi CCTV Berbunyi Beep Terus Menerus

Bunyi CCTV ini bisa Anda hentikan dengan memperbaiki beberapa bagian ini.

Cek Bagian Harddisk DVR

Harddisk yang error merupakan salah satu masalah yang sering menyebabkan CCTV berbunyi. Ketika harddisk rusak sebagian besar DVR akan membunyikan alarm sehingga tidak ada rekaman dari CCTV yang akan direkam.

Untuk memperbaiki langkah pertama ini kamu perlu memeriksa apakah kamera CCTV kamu merekam atau tidak. Cara mengecek CCTV merekam atau tidak bisa dengan melihat layar monitor, apakah ada logo record atau tidak.

Ketika logo tersebut tidak muncul, bisa dipastikan CCTV tidak merekam. Itu yang menyebabkan timbulnya suara tek tek ataupun beep karena masalah harddisk.

Untuk mengatasi masalah tersebut, Anda bisa mengganti harddisk dengan yang baru. Pastikan harddisk memang berfungsi dengan baik sebelum Anda pasang.

Longgarkan sekrup pada DVR untuk membuka hard cover DVR dan juga longgarkan sekrup pada hard disk di bawah DVR. Ganti hard drive dengan harddisk baru dan periksa bad sector pada harddisk.

Baca Juga :  Cara Daftar DynDNS Untuk CCTV Online Secara Gratis

Pastikan harddisk sudah terbaca dengan baik oleh DVR. Setelah itu, baru Anda bisa memformat harddisk untuk memastikan tidak ada file di dalamnya.

Setelah itu, biarkan CCTV merekam dan coba untuk melakukan playback apakah DVR merekam dengan baik atau tidak.

Cek Settingan Alarm

Setiap DVR memiliki fitur alarm yang berfungsi untuk video loss, line crossing hingga motion detection. Penyebab lain CCTV berbunyi yakni karena fitur alarm ini aktif.

Jika terganggu dengan fitur ini, Anda bisa menonaktifkannya dengan masuk ke menu alarm CCTV. Cara mematikan alarm DVR CCTV bisa dengan mengubah settingannya menjadi disable.

Sebelum menonaktifkan, Anda harus tahu terlebih dahulu bahwa fitur alarm ini sebenarnya penting. Fungsinya untuk memberikan informasi terjadinya error di sistem CCTV Anda.

Bayangkan jika Anda ingin melihat playback rekaman CCTV, ternyata tidak ada rekamannya. Hal itu bisa disebabkan karena error di CCTV yang tidak ketahuan.

Slot BNC CCTV Terlepas

Selain kedua hal tersebt, Anda juga perlu mengecek bagian jack BNC. Biasanya jack BNC ini tidak terpasang dengan baik karena suatu hal. Masalahnya, jika jack BNC tersebut kendor, maka akan terjadi error yang membuat CCTV berbunyi.

Cara mematikan bunyi beep di DVR Hikvision juga sama saja, Anda bisa mengecek bagian harddisk, settingan alarm dan slot BNCnya.

Itulah informasi mengenai cara mengatasi CCTV berbunyi beep terus menerus. Selain beep, bunyi yang sering terdengar seperti tek-tek tanpa henti. Jika Anda menemui masalah tersebut, bisa mengikuti panduan tersebut untuk mengatasinya.

Gambar Gravatar
Fayid Alam Syah merupakan seorang pegiat elektronik yang mempelajari terkait masalah-masalah CCTV, AC, Kulkas, Mesin Cuci dan lainnya.

Tinggalkan Balasan

Pilih Rating*

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.