Cara Memperbaiki Tombol TV yang Tidak Berfungsi Atau Ngaco

Cara Memperbaiki Tombol TV yang Tidak Berfungsi Atau Ngaco

Diposting pada

Pada dasarnya, cara memperbaiki tombol TV yang tididak berfungsi atau ngaco cukup mudah. Asalkan Anda mengetahui bagian-bagian yang harus mendapatkan penanganan.

Penyebab tombol TV rusak biasanya karena terlalu sering memencetnya. Akan lebih baik jika menggunakan remote TV sesuai dengan standarnya.

Ada beberapa tombol di TV seperti PR+, PR-, Volume+, Volume-, Menu hingga AV/TV. Itu merupakan tombol-tombol paling penting yang berfungsi untuk mengatur televisi.

tombol tv rusak

Penyebab Tombol TV Tidak Berfungsi

Tombol program TV yang rusak bisa disebabkan karena berkarat, kabel yang putus, atau karena faktor usia. Jika masalahnya karena berkarat, akan lebih mudah terdeteksi. Biasanya terlihat dari kondisinya yang sudah sulit ketika dipencet.

Selain itu, penyebabnya bisa juga karena IC program yang rusak. Untuk penyebab yang satu ini memang jarang terjadi, jika terjadi maka harus memperbaiki segera. Biayanya mungkin jauh lebih mahal daripada memperbaiki karena penyebab lain.

Tanda-Tanda Tombol Program TV Rusak

Tombol program TV yang rusak memang sangat menyusahkan, apalagi jika tidak ada remotenya. Mau tidak mau, Anda harus melakukannya secara manual untuk mengganti channel, menaikan volume atau yang lainnya. Berikut ini gejala-gejala jika tombol program TV Anda mengalami kerusakan.

  • Tombol tidak bekerja secara konsisten, kadang bermasalah kadang normal.
  • Ketika Anda menekan tombol, tidak ada respon dari TVnya atau tidak berfungsi sama sekali.
  • Fungsi tombol tidak sesuai dengan fungsi seharunya, misalnya Anda menekan PR+, justru yang bekerja PR-.
  • Tombol bekerja sendiri tanpa ada sentuhan dari Anda.

Jika Anda menemui beberapa tanda di atas, penting untuk mengetahui bagaimana cara memperbaikinya. Cara memperbaiki tombol TV yang rusak bisa Anda baca di bawah ini.

Baca Juga :  Cara Mengecek IC Croma Program TV Dengan Mudah

Cara Memperbaiki Tombol TV yang Tidak Berfungsi Atau Ngaco

Kerusakan pada tombol program TV memang sering membuat jengkel. Untuk memperbaikinya, Anda harus mengidentifikasi terlebih dahulu penyebab kerusakannya.

Mulai pengecekan di bagian switch pada PCB tombol program satu per satu. Agar pengecekan lebih mudah, lepas terlebih dahulu switch dari papan PCB.

Kemudian lakukan pengukuran menggunakan probe multimeter yang berwarna merah di salah satu kaki switch. Sementara untuk probe hitam, Anda bisa menempelkannya di kaki lainnya, tempelkan alat tersebut secara perlahan,

Cek dan pastikan ketika tombol ditekan, angka menunjukan 0, itu berarti switch sudah terhubung. Pada saat tombol dilepas, maka angkanya akan kembali ke nilai semulanya.

Ada 4 kaki yang ada di switch, perlu Anda ketahui bahwa cara kerjanya ini mirip saklat tombol tekan. Pada saat ditekan, saklar dalam posisi ON, sedangkan saat Anda lepas posisinya akan OFF.

Jika memang kerusakannya ada pada switch, segera untuk menggantinya dengan yang baru. Namun jika penyebanya karena masalah lain, Anda bisa menyesuaikan untuk perbaikannya.

Periksa juga di bagian resistor yang memang sering mengalami masalah. Lakukan pengukuran resistor untuk memastikan apakah ada kerusakan atau tidak.

Cara mengatasi tombol TV yang rusak memang harus pelan-pelan. Karena penyebabnya banyak, sehingga Anda harus mengidentifikasi terlebih dahulu.

Demikian informasi mengenai cara memperbaiki tombol tv yang tidak berfungsi. Pada dasanya, Anda harus bisa mengindentifikasi akar pemasalahannya. Jika sudah ditemukan, itu akan memudahkan proses perbaikan. Ketika menggunakan TV, akan lebih baik jika memakai remote.

 

Gambar Gravatar
Fayid Alam Syah merupakan seorang pegiat elektronik yang mempelajari terkait masalah-masalah CCTV, AC, Kulkas, Mesin Cuci dan lainnya.

Tinggalkan Balasan

Pilih Rating*

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *